Menu Diet Sehat Ibu Menyusui

Setelah melahirkan, terkadang ibu ingin langsung melakukan diet agar badanya kembali seperti dulu. Akan tetapi diet yang salah dapat membuat ibu tidak mendapatkan gizi yang baik dan mempengaruhi kesehatan anak yang menyusu.

Proses menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak seperti halnya ketika waktu menjalani kehamilan. Akantetapi ibu menyusui harus lebih mengutamakan kelengkapan nutrisi yang akan menunjang kualitas serta kuantitas ASI. 

Menu Diet Sehat Ibu Menyusui

Yang dimaksud dengan diet ibu menyusui disini adalah menjaga asupan makanan bergizi guna menjaga berat badan agar tetap ideal selama menyusui dan menjaga kualitas ASI untuk si bayi
Perlu ibu ketahui ASI merupakan sumber makanan terbaik untuk bayi usia 0 – 6 bulan. Menu diet ibu menyusui hendaknya lebih mengutamakan kelengkapan gizi sehingga tidak rendah kalori. Sebab jika diet ketika menyusui terlalu ketat maka akan membahayakan kesehatan dan menggangu produksi ASI. 

Kualitas dan kuantitas ASI sangat bergantung pada kehatan ibu menyusui. Maka dalam hal ini sangat dianjurkan untuk ibu menysui supaya tetap menjaga kebugaran tubuh dengan mengkonsumsi makan sehat bergizi dan olahraga yang teratur.  

Menu diet sehat ibu menyusui 

Nah berikut ini adalah menu diset sehat bagi ibu yang baru melahirkan, seperti yang dikutip dari klikdokter.com : 
  1. Beras Merah

    Mengurangi karbohidrat dapat menyebabkan produksi energi dan ASI pada ibu menyusui lebih sedikit. Untuk itu konsumsilah beras merah agar produksi energi tetap meningkat sehingga bisa memasok kalori yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ASI
  2. Produk susu

    Produk susu seperti keju, yoghurt dan susu kaya akan kalsium dan sumber paling bagus untuk vitamin B, D dan protein. Ibu menyusui yang mendapatkan kalsium dari produk susu akan menjamin perkembangan dari tulang bayi yang baru lahir.
  3. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan seperti kacang hijau , kacang merah merupakan sumber zat besi yang baik dan juga protein nabati. 
  4. Telur

    Telur dapat memasok kebutuhan protein harian tubuh. , putih telor mengandung protein yang baik sedangakan kuning telur mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang bayi
  5. Sayuran berdaun hijau

    Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, bok choi, atau sayuran katuk kaya akan kalsium , vit A, vit C , zat besi dan juga antioksida yang sangat baik untuk ibu menyusui.
  6. Salmon

    Salmon bisa melengkapi lemak DHA yang dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan sistem saraf bayi, serta berperan dalam mencegah depresi setelah ibu melahirkan (postpartum).
  7. Jeruk

    Pastinya anda sudah tau kalau buah jeruk dan buah citrus lainya merupakan sumber dari vitamin C yang juga kompomen penting dalam menyusui
  8. Blueberry

    Buah ini kaya akan antioksidan, pasokan vitamin, mineral dan karbohidrat yang baik untuk tubuh sehingga memastikan pasokan energi yang tepat sepanjang hari. 

Nah demikianlah menu diet sehat ibu menyusui . sebagai ibu yang sedang menyusui , tentunya kita harus bertanggung jawab akan setiap tindakan kita terutaman dengan lebih memperhatikan apa yang kita makan setiap hari. Menu diet ibu menyusui yang baik akan mendatangkan banyak manfaat dan kebaikan pada ibu menyusui dan bayinya.

Subscribe to receive free email updates: